Dua puluh tiga mahasiswa teknik sipil tepatnya kelas IIA gedung mengadakan study lapangan pada tanggal 05 April 2014. Kegiatan ini dilakukan di dua tempat yaitu Badan meteorologi, klimatologi, dan geosifisika (BMKG) yang ada Kecamatan Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman, dan juga BMKG di Kota Padang Panjang.

          Study lapangan ini merupakan penerapan dari mata kuliah drainase perkotaan, dimana mahasiswa dituntut mengetahui bentuk alat beserta fungsinya serta proses pengamatan, dan pengolahan data. Hal yang melatar belakangi diadakannya study lapangan ini, agar mahasiswa lebih dalam mengetahui aspek aspek yang berhubungan dengan hidrologi, tutur Yulistiawan sebagai Ketua pelaksana study lapangan ini.

          Keberangkatan dimulai dari kota Padang sekitar pukul 09.00 WIB dimana tujuan pertamanya adalah BMKG di Sicincin, Padang Pariaman. Sekitar Pukul 10.00 WIB, rombongan study lapangan sampai di tujuan. Kedatangan rombongan disambut hangat oleh kepala serta staf terkait di BMKG Sicincin.

          BMKG Sicincin sendiri lebih mendalami tentang Klimatologi atau mengenai Iklim. Disana Rombongan diberi Materi dan teori mengenai Cuaca dan iklim, Acara dibuka oleh Kepala BMKG Sicincin atau yang mewakili, yaitu bapak Zakaria. Selanjutnya kata sambutan oleh pembimbing rombongan study lapangan yaitu bapak Indra Agus selaku Dosen mata kuliah Drainase Perkotaan. Kemudian barulah pematerian yang diberikan oleh Saudara Fitriadi yaitu ahli klimatologi BMKG Sicincin. Pematerian yang berlangsung selama 90 menit ini memberikan penjelasan Prakiraan cuaca dan iklim untuk daerah sumatera barat dan sekitarnya. Setelah Pematerian selesai Rombongan dibawa kelapangan untuk melihat alat alat yang berhubungan dengan Hidrologi yang dibimbing Teknisi BMKG Sicincin, tampak rombongan sangat antusias mempelajari alat alat tersebut. “Semoga Materi serta Kunjungan lapangan ini bermanfaat bagi mahasiswa” Ucap Kepala BMKG yang ditemui setelah study di BMKG sicincin Selesai.

          Studypun dilanjutkan ke BMKG di Kota Padang Panjang. Berbeda dengan BMKG sebelumnya di Sicincin, BMKG disini lebih mendalami tentang geofisika atau kegempaan. Sama halnya study di sicincin, di sini Rombongan diberi materi tentang Definisi, penyebab dan Cara menanggapi Gempa dan Tsunami. Materi diberikan langsung oleh Bapak Bahu Simanjuntak selaku Kepala BMKG di Padang panjang. Setelah Pemberian Materi selesai, Rombongan dibawa ke ruangan pengamatan gempa, Lalu diberi pengarahan tentang apa yang terjadi dan apa yang bisa kita amati tentang teknologi pengamatan gempa. Bapak Bahu Simanjuntak mengatakan dia sangat  senang atas kedatangan Rombongan study lapangan ini dan dia berharap akan ada rombongan rombongan berikutnya yang memiliki semangat seperti ini.

Study lapangan akhirnya ditutup langsung di Padang panjang bersama dua dosen pembimbing yaitu Bapak Indra Agus dan Ibuk Hartati. Salah satu dosen pembimbing study ini yaitu Ibuk Hartati mengatakan “Semoga Study lapangan ini Berkelanjutan kedepannya, jadi mahasiswa tidak hanya belajar di kampus, mereka juga bisa dapat ilmu langsung di tempatnya.

          Untuk Melepas kepenatan Rombongan mengadakan refreshing atau jalan jalan ke Bukittinggi. “Amazing, Luar biasa, Pembelajaran yang menyenangkan, dapat ilmu baru dapat wawasan baru, walaupun banyak rintangan Study ini tetap dilaksanakan, Semoga kedepan study ini tetap dilaksanakan” berikut kata kata mahasiswa IIA Gedung Teknik sipil yang Melaksanakan Study lapangan ini.