“Sepenggal Cerita dari salah seorang Mahasiswa Kelas II A (bp 2013) Setelah Mengikuti Kunjungan Studi ke Proyek RS UNAND”

Hai.. Kami dari Keluarga besar kelas II A Reguler Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang. Hidup Politeknik Yeeeaaahhh  

Kami punya sedikit cerita nih buat teman – teman semua, yaahh mungkin perjalanan kami ini merupakan perjalanan yang sangat singkat, tapi perjalanan ini tidak akan pernah kami lupakan se umur hidup kami. Karena ini merupakan salah satu perjalanan yang sangat menginspirasi bagi kami semua dan ini merupakan perjalanan pertama kami yang tujuannya adalah mencariI lmu dan Pengalaman.

Ok Guys kita mulai ya??

Di hari Jum’at yang cerah, tepat nya pada tanggal 19 Desember 2014 Pkl. 07.30 WIB kami pun berkumpul di depan Gedung Kepala Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang dengan perlengkapan yang telah kami siapkan dari rumah. Nah disitulah kami akan memulai perjalanan kami yang tak akan kami lupakan ini. Oh ya guys, kami hamper lupa kalo perjalanan kami ini terlaksana atas kehendak Allah SWT dan Rasul-Nya serta Dosen pembimbing kami yaitu Bapak IndraAgus, ST., MT dengan di damping Bapak Lukman Murdiansyah, ST., MT. Berkat-Nya dan beliaulah perjalanan kami ini dapat terlaksana.


Sedikit perkenalan tadi ya guys, oke sekarang kita lanjutkan

Tepat pada pukul 08.00 WIB kami berangkat kelokasi kunjungan Lapangan kami yaitu di Proyek Pembangunan RS UNAND yang beralamat di puncak bukit Limau Manis yang terkena litu lho. Dan kami pun berangkat menggunakan Bus Kampus tercinta kami Politeknik negeri Padang. Yaa perjalanan kami pun dimulai, dan perjalanan yang kami tempuh ini cukup jauh yaitu sekitar 10 menit aja deh heheheh : .

Tiktoktiktok.. Kami pun tiba di lokasitujuan kami guys…

Dan tak lama kemudian kami pun bertemu dengan salah seorang Site Manager proyek tersebut, kedatangan kami pun di sambut dengan hangat oleh pemimpin proyek, site manager, dan pekerja yang bekerja di proyek tersebut. Tetapi sebelum kita lanjut, apakah teman – teman sudah tau apa itu Site Manager?? Yaaapp benar!! Site manager proyek adalah orang atau seseorang yang dipilih dengan kemampuan tertentu untuk memimpin orang-orang dalam proyek yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, dengan tujuan tertentu dari proyek tersebut. Dan site Manager ini harus memiliki kemampuan yang luar biasa baik kemampuan Soft Skill nya maupun kemampuan dalam hal proyek.
Yeahhh guys, kalian sudah tau kanapa itu Site Manager. Oke kita lanjutkan, setelah kami berkenalan dengan salah seorang site manager tadi. Kami pun di pandu oleh beliau untuk berkeliling dan beliaupun menjelaskan satu per satu pertanyaan – pertanyaan yang kami ajukan mengenai proyek pembangunan RS ini. Yaa maklumlah guys kami banyak tanya, namanya juga baru pertama kali kunjungan lapangan Hehehe 😀 . Kami belum banyak tau tentang ini dan itu, jadi kami pun bertanya – Tanya kepada beliau. Dan beliau pun memberikan jawaban – jawaban yang sangat luar biasa, kata salahseorangteman kami sih “WOW AMAZING” sehingga kami pundapat mengerti secara detail, mulai dari Material yang digunakan, peralatannya, metode pengerjaannya, kegunaannya, cara desain bangunannya, kekuatan bangunannya, pekerjaan pertama yang harus dilakukan, jumlah pekerja yang dibutuhkan, sampai pada Total biaya yang harus di keluarkan untuk melakukan pembangunan RS ini. Disana kami pun tak lupa bercengkrama dengan para pekerja yang bekerja di proyek tersebut yang sempat menjelaskan ke kami cara memasang tulangan kolom, dan lain – lain.

Semua kegiatan yang kami lakukan di sana sangat mengasyikan, kami lebih mengerti dikarenakan langsung melihat dan memahami semua pekerjaan yang ada disana, selama ini kan kami hanya mendapatkan teori-teoridi kelas, yaaa bisa dibilang agak susah sich memahaminya -_-!!!.Tapi dari kegiatan berkunjung keproyek pembangunan RS UNAND tersebut, kami lebih paham . tak lupa juga kami sempatkanberfoto-foto bersama-sama.


Jadi ada juga sih beberapa teman-teman yang kami Tanya, “untuk penjurusan semester depan, kamu mau ambil apa?”, “ aku masih bingung sih, tapi dari berkunjung ke proyek tersebut aku jadi lebih ingin ambil konsentrasi gedung” kata salah satu seorang temanku.

Karena perjalanan kunjungan kami keproyek pembangunan RS UNAND tersebut sangat mengasyikkan, tak terasa waktu pun telah berlalu. Dan kamipun berpamitan dan berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada pemimpin proyek, site manager, pekerja yang telah memberikan kami banyak pelajaran yang sangat berarti bagi kami, semoga Ilmu yang telah kami dapatkan ini dapat bermanfaat bagi kami di masa depan Amiiinn Yaa Rabbal ‘Aalamin. Tetapi sebelum kami meninggalkan lokasi kunjungan kami tersebut,tak lupa kami sempatkan berfoto-foto dengan dosen pembimbing kami dan pimpinan proyek. Yeeaahhh !! 😀


Kami ucapkan banyak terima kasih kepada bapak Indra Agus ST., MT dan bapak Lukman Murdiansyah ST.,MT yang telah meluangkan waktu nya untuk mengajak kami berjalan-jalan sambil belajar ke proyek pembangunan RS UNAND.


Oke teman – teman, nantikan lagi kami di lain waktu.

Hormat Kami, II A RegulerTeknik Sipil Politeknik Negeri Padang