PADANG,HALUAN—Mencetak lulusan yang bersaing di dunia kerja merupakan salah satu tujuan yang diemban oleh Politeknik Negeri Padang (PNP),bahkan tidak sedikit dari mahasiswa kampus yang berdiri sejak 1985  itu yang diterima bekerja sebelum dinyatakan lulus kuliah.

Salah satu contohnya adalah lima mahasiswa dari Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang Angkatan 2015. Tiga diantaranya yaitu Julius, Febtrio Tubagus dan Maulana Kembaren, diterima di PT Brantas Abipraya, BUMN yg bergerak di bidang konstruksi

Sedang dua orang lainnya  yakni, Muhammad Arif Al Hakimi dan Syeima Yulida Khaerudin, diterima bekerja di PT. Kunango Jantan, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang  penyediaan, pemesanan, serta distribusi material  baja dan beton siap pakai.

Sekretaris Jurusan Teknik Sipil PNP,  Indra Agus menyatakan bahwa hal ini,  bukanlah untuk kali pertamanya terjadi. telah banyak lulusan Jurusan Teknik sipil yang diterima bekerja sebelum mereka menerima ijazah kelulusannya.

Hal itu, katanya, tak lepas dari hubungan baik yang terjalin antara pihak kampus dengan berbagai perusahaan, baik yang ada di dalam maupun di luar Sumbar

“Kami di Jurusan Teknik Sipil mempunyai 4 Program Studi, yakni D3 Teknik Sipil, D4 Perencanaan Irigasi dan Rawa, D4 Perencanaan Jalan dan Jembatan, serta D4 Manajemen Konstruksi. Kebetulan untuk tahun ini, yang diterima bekerja dari Prodi D3 Teknik Sipil.”ujarnya kepada Haluan, Jumat (19/10).

Salah seorang mahasiswa yang diterima di PT. Kunango Jantan, M. Arif Al Hakimi mengaku dirinya telah dikontrak untuk bekerja selama 2 tahun.

Mulai senin (22/10), ia resmi sebagai drafter di perusahaan yg beralamat di Jalan By Pass Km 25 tersebut. Sementara mahasiswa lainnya, Julius mengatakan bahwa ia telah resmi bekerja sebagai pengawas di PT. Brantas Abipraya pada Selasa (23/10) mendatang.

Ia akan menjalani masa pelatihan selama 1 minggu dan magang selama 1 tahun sebelum nantinya menjadi karyawan tetap di perusahaan yang berlokasi di jakarta tersebut.

Ketua Jurusan Teknik Sipil PNP, Aguskamar menuturkan, pihak kampus sejak awal memang sengaja mendorong para mahasiswanya untuk mendapatkan pekerjaan sebelum wisuda. semakin cepat seorang mahasiswa mendapat pekerjaan, maka semakin besar pula peluang untuk menaikkan akreditasi jurusan.

“Oleh karena itu, kami selalu berusaha bagaimana memperkenalkan diri dan menjalin hubungan baik dengan berbagai perusahaan, pun dengan mahasiswa kami senantiasa mengarahkan dan membimbing mereka agar cepat mendapatkan pekerjaan. Dan begitu mereka lulus, kami tidak serta merta lepas tangan. Kami akan selalu membantu mereka untuk mendapatkan pekerjaan,” ucapnya.

“Disamping itu, ia juga selalu menanamkan nilai nilai sosial dan agama kepada mahasiswa-mahasiswa nya. menurut nya, berbekal nilai akademis saja tidaklah cukup. Kemampuan menjaga hubungan sosial dan kedekatan dengan Tuhan juga menjadi poin penting bagi seorang pencari kerja untuk bersaing di dunia kerja yang semakin ketat.”