(Baca Juga Testimoni Mahasiswa Peserta Pelatihan Microsoft Project)

Microsoft Project adalah produk perangkat lunak Manajemen Proyek. Ini dirancang untuk membantu manajer proyek dalam mengembangkan jadwal, menetapkan, sumber daya untuk tugas, melacak kemajuan, mengelola anggaran, dan menganalisis beban kerja.

Microsoft Project adalah aplikasi yang harus dikuasai mahasiswa Teknik Sipil, karena akan sangat berguna di dunia kerja. Proyek-proyek konstruksi beberapa tahun belakangan ini sangat membutuhkan orang-orang yang ahli dalam penggunaan Microsoft Project, karena  dengan Microsoft Project dapat mempercepat kerja dari proyek itu sendiri. Dikarenakan hal-hal tersebut, Pak Indra Agus selaku Sekretaris Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang memiliki ide untuk memberi pelatihan Microsoft Project langsung dari ahlinya kepada Mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang dengan tujuan agar mahsiswa bisa memiliki kompetensi dalam penggunaan Microsoft Project itu sendiri yang juga akan berguna dalam pengerjaan Tugas Akhir dari mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang.

Pelatihan dilksanakan tanggal 23-25 Januari 2019. Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang berkesempatan mendapatkan pelatihan   Microsoft Project langsung dari ahlinya yaitu Bapak Syafriandi, ST yang merupakan orang yang sudah berpengalaman dalam penggunaan Microsoft Project dalam proyek konstruksi . Bapak Syafriandi sendiri sudah berpengalaman menggunakan Microsoft Project dalam proyek-proyek yang ditangani nya.  Dan mahasiswa Politeknik Negeri Padang sangat beruntung bisa mendapatkan pelatihan dari pak Syafriandi, mengingat kesibukan beliau.

Pelatihan Microsoft Project  berlangsung selama 3 hari. Yang mana peserta nya terbatas hanya untuk 20 mahasiswa. Pelatihan setiap harinya dimulai dari jam 8.00 s.d  17.00

Hari pertama pelatihan. Pak Syafriandi selaku pengajar mengenalkan tentang  software Microsoft Project. Dan memberikan penjelasan  kepada para peserta pelatihan  tentang  bagaimana Microsoft  Project sangat berguna sekali dalam proyek.

Hari kedua, Para peserta pelatihan diajarkan oleh pak Syafriandi bagaimana langkah-langkah membuat suatu manajemen proyek yang bagus  dan  mengajarkan bagaimana menyelesaikan jika ada kendala dalam  proses membuat manajemen proyek yang bagus tersebut. Disamping menjelaskan tentang materi Microsoft Project, pak Syafriandi juga bercerita bagaimana pengalaman dia selama bekerja dalam lingkungan konstruksi .

Hari terakhir pelatihan, pak Syafriandi memberikan data-data proyek dan para peserta ditugaskan untuk membuat manajemen proyek yang bagus dan benar  dan di presentasikan.  Dan tugas tersebut dikerjakan berkelompok, dimana dalam satu kelompok berisi 2 peserta pelatihan.  Setelah semua kelompok selesai, para peserta pelatihan secara bergantian mempresentasikan tugas tersebut di depan. Sungguh 3 hari yang sangat bermanfaat dan penuh dengan ilmu. Terima Kasih pak Syafriandi. (Kurnia Sandi/peserta Pelatihan Microsoft Project)