Ega Andini – Mahasiswa Prodi D3 Teknik Sipil BP 2016

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh,

Selamat malam bapak,

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak kepada bapak Indra Agus karna berkat bapaklah makanya kegiatan training  Ms Project ini dapat terselenggara dan terlaksana pak, terimakasih telah memberi kami kesempatan untuk mengikuti pelatihan program ms project ini pak.

Selanjutnya, terimakasih banyak juga kepada bapak Syafriandi selaku Trainer kami untuk 3 hari ini pak, terimakasih karna berkat bapak kami dapat menambah wawasan dan ilmu kami tentang apa itu Microsoft project yg sebenarnya,, banyak ilmu yg sudah kami dapatkan walaupun training ini hanya 3 hari pak, diantaranya:

1. Hari pertama

  • Kami diperkenalkan dengan apa itu Microsoft project yg sebenarnya.
  • kami diajarkan tentang bagaimana cara menyusun perencanaan (planning) yg baik dan benar dalam suatu proyek.
  • Dengan ms project, kita dapat melihat adanya garis hubungan atau keterkaitan dari satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya, apakah itu Finish to start, Finish to Finish, dan lainnya.
  • Kami diajarkan bagaimana cara mengelola dan menempatkan sumber daya proyek seperti kebutuhan tenaga kerja,   ditempatkan dg tepat sehingga proyek dapat berjalan sesuai dengan rencana yg diinginkan (sesuai dgn yg diminta oleh pemilik proyek/owner).
  • Dengan ms project, kami juga diajarkan bagaimana menyesuaikan perencanaan yg disusun sehingga dapat sinkron dengan kondisi lapangan.
  • Kami diajarkan bagaimana melihat atau menampilkan bentuk lintasan kritis pada suatu proyek dalam pelaksanaannya di lapangan, karna proyek tanpa kita tau dimana letak lintasan kritisnya adalah sebuah proyek yg perhitungannya ngacok atau tidak masuk akal atau tidak jelas.

2. Hari kedua

  • Diajarkan bahwa dg ms project dapat membantu kita dalam memperhitungkan jadwal (scheduling) suatu proyek secara terperinci antar pekerjaan demi pekerjaan.
  • Kami diajarkan bagaimana menyesuaikan setiap kondisi sesuai dengan perkembangan yg terjadi pada sebuah proyek.
  • Diajarkan bagaimana menginput dan melihat secara terperinci biaya-biaya  yang digunakan dalam pelaksanaan proyek.
  • Tidak kalah pentingnya, diselipkan tentang pelajaran akhlak yaitu Cerita pembangunan jembatan antara Warga Neraka & Warga Surga dan cerita Pohon keramat & rumah ustadz sehingga dari cerita tersebut dapat kita ambil pembelajaran untuk kita kedepannya.

3. Hari ketiga

  • Diajarkan tentang materi controlling, yaitu dg analisa biaya dengan menggunakan yg namanya Earned Value , dimana disini adalah peninjauan berapa biaya yang dikeluarkan dan berapa biaya yang diterima. Contohnya, berapa uang yang kita keluarkan untuk menyelesaikan suatu item pekerjaan dalam satu periode, apakah uang yang kita keluarkan sebanding dengan nilai yang kita terima atau tidak.
  • Contoh pemahaman sederhana tentang earned value yaitu dapat kita lihat dari cerita secangkir kopi seharga 10K.
  • Kita belajar bagaimana cara mengaplikasikan ilmu yg didapat kan dalam bentuk perencanaan suatu proyek atau kegiatan sederhana, yg mana kita sendiri menentukan dan merencanakan berapa lama waktu dan bagaimana hubungan ketergantungan dari masing2 item pekerjaan yg akan dilaksanakan, apakah ketergantungan yg kita buat dapat diterima dan dilaksanakan ataukah masih ditemukan kendala2 yg nantinya dapat menghambat pelaksanaan proyek tersebut. Sehingga dg belajar merencanakan sebuah proyek sampai, kita dapat melihat pekerjaan manaa yg saling ada ketergantungan dan dapat melihat apakah mungkin pekerjaan tersebut dilakukan dg sumberdaya2 yg kita miliki atau tidak.
  • Terakhir kita belajar bagaimana cara membuat dan memahami bagaimana cash flow suatu proyek tersebut terlaksana, sehingga disana kita juga dapat melakukan pengendalian terhadap biaya proyek, sehingga dengan adanya cash flow tadi kita bisa memperkirakan dan bisa melihat realisasi/actual cost dari setiap item pekerjaan yg akan dilaksanakan. Selain itu, cash flow proyek juga dapat berfungsi sbg salah satu syarat pendukung dalam hal peminjaman dana kepada bank nantinya, sehingga bank dapat menjadikannya sbg patokan dan dapat melihat bagaimana aliran biaya yg berjalan pada proyek kita tersebut.

Mungkin itu sedikit ringkasan yg dapat saya sampaikan selama 3 hari ini, dimana sebenarnya disetiap harinya, selain rangkuman diatas sangat banyak ilmu yg kami dapat kan, disetiap harinya kami dapat mendengar cerita dan pengalaman2 yg bapak sampaikan kepada kami, sehingga dg cerita2 tersebut sebetulnya secara otomatis wawasan kami jadi bertambah ttg mengenal bagaimana dunia lapangan itu sebenarnya, dan kami dapat membayangkan, bagaimana dunia kerja yg akan kami hadapi kedepannya setelah kami tamat nanti, sehingga melalui pengalaman dan cerita2 sukses yg bapak sampaikan kami dapat lebih mempersiapkan diri lagi, agar nanti kami benar2 mampu menjadi Lulusan yg baik, dan mampu berkompetisi diluar sana,

Karna seperti yg disampaikan oleh pak Indra Agus bahwasanya Ternyata ilmu itu luas… kita tidak ada apa apanya, Bumi bagaikan debu di jagad raya dan dunia tak seluas 6.8 ha

Akhir kata, saya sangat mengucapkan terimakasih banyak yg sebesar2 nya kepada bapak Syafriandi dan bapak Indra Agus, serta kepada rekan2 semua yg mengikuti training pada kesempatan ini, semoga nantinya kita dapat mengaplikasikan ilmu yg sudah kita dapatkan ini sehingga kita mampu dan dapat berada pada Level 3 , serta walaupun setelah taman nanti kita masih nol setidaknya kita punya nilai + untuk menjadi awal jalan kita menuju nol besar, angka 1 dan angka 2.

Sukses slalu untuk kita semua,

Salam Microsoft Project