Program Studi D4 Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa (Akreditasi B)

Merupakan program lanjutan dari lulusan Diploma III dari program studi Teknik Sipil dan D.III yang Relevan. Program studi ini menghasilkan lulusan yang terampil dan handal dalam bidang perencanaan dan pelaksanaan bangunan irigasi dan rawa.

PS-STR-TPIR memiliki Visi keilmuan sebagai berikut:

Menghasilkan desain konstruksi jaringan Irigasi dan Rawa yang handal dan dapat dipertanggung jawabkan dengan mengadopsi perkembangan standar teknis dan pemanfaatan teknologi terkini, berwawasan lingkungan, adaptif terhadap aspek kebencanaan serta memuat kearifan lokal masyarakat.

Visi ini mengandung cita cita yang hendak ditanamkan pada setiap lulusan PS_STR-TPIR, bahwa setiap insan perencana irigasi yang diluluskan oleh PS_STR-TPIR merupakan seorang engineer yang ;

  1. Mampu melakukan desain konstruksi jaringan irigasi yang handal yaitu kuat secara konstruksi, hemat secara ekonomis, logis dan realilstis untuk diwujudkan di lapangan, dapat optimal dalam pemanfaatan metode konstruksi, serta mampu  mencapai pemenuhan kualitas dan mutu desain.
  2. Desain bangunan dan jaringan irigasi dan rawa yang dihasilkan oleh setiap lulusan PS_STR-TPIR merupakan desain yang dapat dipertanggung jawabkan baik dari aspek teknis maupun peraturan/hukum, dilakukan dengan telah mengadopsi standar teknis serta teknologi terkini yang umum dilakukan saat pengerjaan desain.
  3. Desain bangunan dan jaringan irigasi dan rawa yang dihasilkan oleh setiap lulusan PS_STR-TPIR merupakan desain yang harus memperhatikan lingkungan, adaptif terhadap potensi kebencanaan serta memuat kearifan lokal masyarakat setempat.

Misi PS-STR-TPIR :

Utuk mencapai Visi PS-STR_TPIR diatas maka diturunkan 6(enam) misi berikut:

(1) Meningkatkan mutu pendidikan vokasional melalui pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa.

(2) Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa.

berbasis kebutuhan DUDIKA;

(3) Mengembangkan kurikulum yang mendukung program MBKM sesuai dengan standard kompetensi Industri melalui peningkatan kerjasama dengan industri dan institusi yang terkait dalam bidang Irigasi dan Rawa.;

(4) Mengembangkan sarana dan prasarana proses belajar mengajar;

(5) Meningkatkan efisiensi, efektifitas tata kelola dan organisasi yang transparan serta akuntabilitas;

(6) Membangun dan mengembangkan jiwa wirausaha dengan meningkatkan kemampuan hardskill dan softskill.